My Labels

Tuesday 20 December 2011

Manusia dan Cinta Kasih


Manusia dan Cinta Kasih 

        Cinta adalah sikap, sesuatu orientasi watak yang menentukan hubungan pribadi dengan dunia keseluruhan, bukan menuju suatu objek cinta.

             Cinta menurut motivator Indonesia Mario Teguh adalah dorongan tidak logis yang mengharuskan kita dekat dan memiliki objek dari kecintaan kita. Karena semua ini adalah mekanisme yang dibangun Tuhan agar kehidupan berlangsung. Karena jika sudah tertarik seperti itu, laki-laki dan wanita tidak lagi memilih, sehingga keturunan dihasilkan dari hubungan seperti itu. Dikutip dari http://17dolar.wordpress.com/2011/05/09/cinta-menurut-mario-teguh/

Adapun tipe-tipe cinta adalah sebagai berikut :

A.                Cinta persaudaraan
Merupakan cinta diantara sesama umat manusia di muka bumi ditunjukkan melalui respon saling membutuhkan satu sama lain.




















B.                 Cinta keibuan
Cinta keibuan adalah pengutan tanpa sayarat terhadap hidup dan kebutuhan anak. Pengutan (afermasi) hidup anak punya dua segi, pertama ialah perhatian dan yang kedua adalah tanggung jawab yang mutlak perlu demi pemeliharaan hidup anak dan pertumbuhannya. Cinta keibuan menanamkan  ke dalam diri anak cinta akan kehidupan dan tidak hanya keinginan untuk tetap hidup.

















C.                 Cinta erotis
Cinta ini berbeda dengan dua tipe cinta sebelumnya, cinta erotis adalah cinta yang mendambakan peleburan, penyatuan dengan seorang pribadi lain. Cinta erotis sering dicampurbaurkan dengan pengalaman yang meledak karena jatuh cinta pada orang yang masih asing.
















D.                Cinta diri sendiri
Freud beranggapan bahwa cinta adalah manifestasi nafsu sexual yang diarahkan kepada orang lain/diarahkan kepada dirinya sendiri atau cinta diri sendiri (self love).berpegang bahwa pribadi yang mementingkan diri sendiri itu bersifat “narsisistis”, seolah-olah ia telah menarik cintanya dari orang lain dan mengalihkannya pada dirinya sendiri.

















E.                 Cinta kepada Tuhan
Bentuk religius cinta yang disebut cinta kepada Tuhan tidaklah berbeda kalau bicara secara psikologi. Cinta itu berasal dari kebutuhan untuk mengatasi keterpisahanuntuk mencapai suatu penyatuan.



















No comments:

Post a Comment