My Labels

Tuesday 20 December 2011

Manusia dan Keadilan


Manusia dan Keadilan




            Menurut saya pribadi Keadilan di ibaratkan dengan sebuah kondisi pada sebuah jungkat-jungkit yang selalu mencari posisi seimbang jika setelah digunakan.
Sama halnya dengan yang seharusnya kita lakuakan, melakukan sesuatu berdasarkan porsinya dan menbagi porsinya secara adil dan merata.
           Contohnya adil dalam pembagian waktu seperti yang pernah dikisahkan dua orang pemotong kayu, pemotong kayu pertama memotong kayu selama 20 jam per hari sedangkan pemotong kayu ke dua memotong kayu selama 15 jam per hari tapi ke dua pemotong kayu tersebut dapat menghasilkan jumlah potongan kayu yang sama dengan waktu yang berbeda, hal itu dikarenakan pemotong kayu yang kedua menggunakan waktu istirahatnya untuk lebih sering mengasah kapak/pisaunya agar lebih tajam untuk mempercepat pemotongannya.
          Tidak hanya dalam bekerja kita meluangkan waktu kita. Kita harus adil dalam membagi waktu antara pekerjaan dan waktu istirahat kita.
Dengan kita beristirahat dalam bekerja kita juga dapat menyusun strategi agar pekerjaan kita dapat selesai dengan cepat seperti halnya yang dilakukan oleh pomotong kayu kedua. Semua yang kita kerjakan akan jauh lebih efisien jika kita mengerjakannya secara adil.
           Menurut Ambar Dwi Ryanto  keadilan adalah sesuatu yang tidak akan pernah terjadi jika tidak diimbangi dengan kejujuran. Adil adalah suatu hal yang berdasarkan atas kejujuran.

No comments:

Post a Comment